Minggu, 30 Oktober 2011

RPP Sepakbola


Standar Kompetensi
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga, serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya
Kompetensi Dasar
Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu sepakbola  dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi  serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri

Fokus Pembelajaran
o    Pengaturan ruang dalam serangan

Lokasi Waktu : 1 x 25 menit

Tujuan Pembelajaran

-       Siswa mampu memahami gerak dasar dalam sepak bola dan mempraktikan dalam sebuah permainan yang sudah dimodifikasi
-       Menggunakan operan satu kali sentuhan untuk mengalahkan pemain bertahan

Materi Pembelajaran

-          Bermain sepak bola menggunakan peraturan yang di modifikasi

Langkah – langkah kegiatan pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan (7 menit)
-          Berbaris, berdoa, menyampaikan materi, tujuan pembelajaran
-          Pemanasan
Ø  Strecing (penguluran)
Ø  dinamis
  1. Kegiatan Inti (15 menit)
-          Melakukan permainan give and go dengan peraturan yang di modifikasi
Ø  2 vs 1 dengan pemain target (T),
Ø  Permainan di mulai dengan X memberikan bola kepada pemain bertahan (O), lalu (O) memberikan kembali kepada X dan segera maju untuk merebut bola
Ø  X1 dan X2 memainkan bola dengan satu kali sentuhan sampai mengoperkan bola ke T
Ø  T selalu bergerak untuk medapatkan ruang bebas
Ø  O dapat merebut bola




Tujuan aktivitas ini     : X1 dan X2 harus memberi bola ke pemain target
   tim
Kondisi                         : Pemain bertahan harus bergerak merebut bola
-          Melakukan pemainan give and go dengan peraturan yang lebih modifikasi
Ø  3 vs 3
Ø  Gawang Bola(dengan menyentuh 1 bola yang diam d lapangan)
Ø  1 tim hanya boleh menguasai maksimal 7 kali operan ke teman
Tujuan aktivitas ini     : Penggunaan taktik give and go yang tepat untuk mengalahkan lawan
Kondisi                        : 1 tim perbolehkan menguasai maksimal 7 kali operan pada teman tim, bagi yang berhasil menggunakan taktik give and go dengan baik akan mendapatkan hadiah
  1. Penutup (3 menit )
-          Pendinginan, berbaris dan evaluasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar