Senin, 24 Oktober 2011

Penjasorkes


            Pembangunan kepemudaan merupakan upaya penting dalam mendukung pencapain pembangunan sumberdaya manusia. Pentingnya pembangunan sumberdaya manusia seringkali terkait dengan fakta, bahwa prestasi pembangunan manusia Indonesia yang dipersentasikan dalam indeks Pembangunan Manusia(IPM) relatif masih kurang baik dibandingkan negara-negara tetangga di Lingkup ASEAN.

            Menurut Human Development Report 2007-2008, HDI Indonesia sebesar 0,728 yang berada dalam peringkat 107 dari 177 negara yang disurvei oleh UNDP. Dengan demikian, tugas untuk pendidik untuk lebih membangun / menciptakan pemuda-pemuda yang lebih berkwalitas lebih berat lagi. Banyak pekerjaan yang harus di selesaikan diantaranya seperti pendidik yang harus lebih sigap lagi dalam mengelolah kelas.
           




        Pendidikan penjaskes sering di sangkut-pautkan dalam perkembangan prestasi anak. Padahal tujuan pendidikan jasmani itu adalah dari melakukan aktivitas jasmani dapat meningkatkan kebugaran jasmani, perkembangan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif bergerak, sikap sportif dan kecerdasan emosi. 
Seperti yang di kemukakan oleh para ahli tentang definisi pendidikan jasmani, antara lain:
   -         Pendidikan penjaskes merupakan suatu kegiatan kerja tubuh untuk melakukan gerak-gerak tubuh
        untuk menghasilkan suatu gerakan dengan unsure teknik dan bermain guna melakukan dalam kegiatan
        belajar.
        -      Abdul Gafur mengatakan bahwa pendidikan jasmani merupakan suatu proses pendidikan seseorang
              sebagai perorangan atau anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik melalui 
             berbagai kegiatan jasmani untuk memperoleh pertumbuhan jasmani, kesehatan dan kesegaran jasmani,          kemampuan dan keterampilan, kecerdasan dan perkembangan watak serta kepribadian yang harmonis          dalam rangka pembentukkan manusia Indonesia berkualitas berdasarkan Pancasila.
      -  Ateng (1993) juga mengemukakan bahwa pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan 
            secara keseluruhan melalui berbagai kegiatan jasmani yang bertujuan mengembangkan secara organic,             neurimuskuler, intelektual dan emosional.
        -        Bucher (1979) mengemukakan bahwa pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari suatu proses
             pendidikan secara keseluruhan artinya proses pendidikan melalui kegiatan fisik yang dipilih untuk 
             mengembangkan dan meningkatkan kemampuan organic, neuromuskuler, interperatif, sosial dan                    emosional.
     
     Dari definisi di atas dapat di simpulkan bahwa pendidikan jasmani merupakan suatu proses pendidikan yang dilakukan secara sadar dalam melakukan aktivitas jasmani, guna memberikan pengalaman gerak, memberikan jaminan bagi partisipasi dan perkembangan seluruh aspek kepribadian peserta didik. Dalam pengolahan kelas selain menggapai sasaran juga harus di selingi dengan permainan karena di dalam permainan itulah anak didik dapat dengan mudah menerima materi pengajaran dengan lebih mudah. Seperti halnya pengertian dari olahraga rekreasi.

UNESCO  mendefinisikan bahwa olahraga ; “setiap  aktivitas  fisik  berupa permainan  yang berisikan  perjuangan  melawan unsur-unsur  alam, orang lain, ataupun  diri  sendiri”. Sedangkan  Dewan Eropa merumuskan  olahraga  sebagai “aktivitas  spontan,  bebas  dan  dilaksanakan  dalam  waktu  luang”.  Definisi terakhir ini  merupakan  cikal  bakal panji  olahraga  di  dunia  “Sport for  All”  dan  di Indonesia  tahun  1983,  “memasyarakatkan  olahraga dan  mengolahragaka masyarakat”  (Rusli  dan  Sumardianto,2000:  6).

Rekreasi merupakan suatu aktivitas untuk mendapatkan suatu kesenangan, hiburan maupun kepuasan. Jadi dapat disimmpulkan bahwa olahraga rekreasi adalah suatu kegiatan melakukan atau menggunakan aktifitas tubuh untuk mendapatkan suatu kesenangan, hiburan maupun kepuasan. Dari pernyataan di tersebut dapat di simpulkan bahwa olahraga merupakan suatu aktivitas yang menggunakan unsure teknik, pola bermain dan memiliki tindakan yang mengakibatkan kepuasan terhadap seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar