Rabu, 14 Desember 2011

Diktat Catur


PENGETAHUAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TERHADAP PERMAINAN CATUR

0leh :
Muhammad Thariq Aziz, Julianto, Achmad Ridlo
ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar  pengetahuan mahasiswa fakultas ilmu keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta terhadap permainan catur.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan ( 3 prodi seperti PJKR, PGSD dan PKO) Universitas Negeri Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan angket digunakan untuk mengambil data variabel proses pembelajaran, persepsi mahasiswa terhadap catur. Penelitian ini menggunakan angket tertutup dalam arti jawaban dari angket sudah disediakan sehingga responden hanya memilih jawaban yang telah disediakan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa masih banyak yang belum mengerti tentang olahraga catur. Hal itu dapat dilihat dari jumlah masing- masing indikator: (a) rasa senang = 50 mahasiswa; (b) kompetensi dasar = 44 mahsiswa; dan (c) manfaat olahraga catur = 50 mahasiswa. Hal tersebut dikarenakan adanya bebrapa faktor yang membuat yang mempengaruhi pengetahuan mahasiswa. Faktor- faktor tersebut diantaranya: (1) kurangnya sosialisasi UKM catur terhadap mahasiswa; (2) kurangnya pengembangan yang dilakukan UKM terhadap olah raga catur seperti mengadakan perlombaan dengan kerjasama Ormawa; (3) kurangnya rasa ingin tahu mahasiswa terhadap olahraga yang lain selain olahraga yang ada di perkuliahan;  dan (4) mahasiswa mreasa sudah puas dengan ilmu yang sudah didapatkan.
Kata Kunci: Olahraga Catur, Pengetahuan Dan Motivasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar