Teaching Games for Understanding (TGfU) adalah suatu
pendekatan pembelajaran pendidikan jasmani untuk memperkenalkan
bagaimana anak mengerti olahraga melalui bentuk konsep dasar bermain.
TGfU tidak memfokuskan pembelajaran pada teknik bermain olahraga
sehingga pembelajaran akan lebih dinamis dan sesuai dengan tahap
perkembangan anak.
Pendekatan TGfU merupakan salah satu pendekatan yang mengakomodir
kebutuhan anak dalam bermain. Guru penjas sebagai pengelola kelas lebih
berperan sebagai fasilitator pembelajaran dan tidak menjadi dominan
dengan memberikan contoh-contoh seperti yang terjadi pada pembelajaran
yang berbasis teknik. Pendekatan TGfU juga dapat dijadikan sebagai
sebuah inovasi yang menuju pada perbaikan pembelajaran penjas di
sekolah.
TGfU berkaitan erat dengan pengajaran kognitif, ketika model itu
terangkum dalam model pembelajaran permainan taktikal dalam pengajaran
penjas. Pada model pembelajaran permaianan taktikal, guru merencanakan
urutan tugas mengajar dalam konteks pengembangan keterampilan dan taktis
bermain siswa, mengarah pada permainan yang sebenarnya. Tugas-tugas
belajar menyerupai permainan dan modifikasi bermain sering disebut
sebagai ‘bentuk-bentuk permainan’. Sebagaimana namanya, permainan
taktikal, maka guru harus mampu mengundang siswa untuk memecahkan
masalah taktis bermain.guru harus mampu menunjukan masalah-masalh taktik
yang diperlukan dalam situasi bermain. Sedangkan siswa sangat penting
untuk mengenali posisi bermain di lapangan secara benar, pilihan-pilihan
gerak yang mungkin dilakukan,dan situasi-situasi bermain yang dihadapi
siswa.
Menurut Mitchell, Oslin dan Griffin (2003) TGfU memiliki ciri khas
dalam pengelolaan permainannya yang setiap bentuk permainan memiliki
ciri khas dan karakteristik tersendiri yang tentunya memberikan rasa
kesenangan berbeda pada para pemainnya dan yang membedakan permainan
dalam 4 kelompok bentuk permainan, yaitu:
1. Target games (permainan target),
2. Net/wall games (permainan net),
3. Striking/fielding games (permainan pukul-tangkap-lari),
4. Invasion games (permainan serangan/invasi).
Pembelajaran TGFU ini seperti berikut:
1. Game or game form
Menekankan pada sebuah masalah taktik (tantangan) sebelum mengidentifikasi dan berlatih keterampilan.
2. Question
Mengumpulkan para siswa secara bersamaan dan bertanya dengan memfokuskan mereka pada masalah
taktik dan bagaimana(proses).
3. Practice
Tugas-tugas latihan yang berpusat pada guru untuk mengembangkan kesadaran taktik melalui
pembelajaran yang berpusat pada guru.
4. Game
Situasi permainan untuk memperkuat masalah taktik atau keterampilan yang diberikan di awal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar